Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016 untuk SD, SLB, Paket A/ULA TP 2015/2016


Judul : Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016 untuk SD, SLB, Paket A/ULA TP 2015/2016
link : Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016 untuk SD, SLB, Paket A/ULA TP 2015/2016


Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016 untuk SD, SLB, Paket A/ULA TP 2015/2016

Tertanggal 17 Desember 2015, Kepala Badan Penelitian dan pengembangan ( Balitbang) Kemdikbud mengeluarkan sebuah peraturan tentang Kisi-kisi US/M SD, Madrasah, SLB, Paket A/ULA tahun pelajaran 2015/2016.
Jadi, didalam kisi-kisi tersebut sudah memuat semua kisi-kisi soal US 2016 untuk jenjang SD sederajat.
Silahkan download kisi-kisi US 2016 SD/M Kejar Paket pada link dibawah ini.
Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016


Dan berikut ini salah satu kisi-kisi soal US 2015/2016  mata pelajaran IPS  untuk Kejar Paket A
A. KONDISI GEOGRAFIS
1.  Pengetahuan peta
  • Menentukan arti simbol pada peta.
  • Menentukan skala peta.

2.  Kenampakan alam
  • Menentukan kenampakan alam yang terdapat pada provinsi.

3.  Kenampakan alam buatan
  •  Menentukan kenampakan alam buatan provinsi tertentu.
  •  Menentukan perbedaan waktu. 
  •  Menentukan pembentukan provinsi tertentu.

B. AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM KAITANNYA DENGAN SUMBER DAYA  ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI
4.  Aktivitas ekonomi
  •      Mengelompokkan sumberdaya alam berdasarkan kriteria tertentu.
  •      Menentukan aktivitas penduduk sesuai dengan kondisi geografisnya atau sumber daya alam.
  •      Menentukan jenis kegiatan ekonomi penduduk.
  •      Menentukan usaha pemerintah untuk meningkatkan ekonomi penduduk di daerah tertentu.

5.  Koperasi
  •      Menentukan peranan koperasi bagi perekonomian bangsa Indonesia
  •      Mengidentifikasi manfaat koperasi bagi anggota koperasi.

6.  Teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
  •      Mengidentifikasi alat-alat produksi modern/tradisional.
  •      Menentukan ciri atau alat teknologi komunikasi masa lalu/masa kini.
  •     Mengidentifikasi keuntungan/kerugian alat komunikasi tertentu.
  •     Menentukan kelebihan/kekurangan alat transportasi tertentu.

C. PENINGGALAN SEJARAH DAN KEADAAN SOSIAL-BUDAYA
7.  Keragaman suku bangsa
  •     Mengidentifikasi keragaman sosial/budaya Indonesia.
  •     Memberi contoh cara menghargai keragaman suku bangsa.
  •     Menentukan asal suku bangsa.
  •     Menentukan asal budaya (disajikan gambar).
  •     Mengidentifikasi permasalahan penduduk dan upaya mengatasinya.

8.  Peninggalan sejarah 
  •     Memberi contoh cara menghargai peninggalan sejarah.
  •     Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu Buddha.
  •     Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Islam.
  •     Mengidentifikasi cara menghargai peninggalan sejarah.
  •     Menentukan cara melestarikan peninggalan sejarah tersebut.
  •     Menentukan asal peninggalan sejarah tersebut (disajikan gambar).
  •     Menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional  (melalui peta).

D. PERANAN TOKOH SEJARAH SEBELUM DAN SESUDAH PROKLAMASI
9.  Tokoh sejarah 
  •    Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa tertentu Hindu Buddha. 
  •    Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa penjajahan Belanda/Jepang.
  • Memberi contoh sikap menghargai perjuangan pahlawan/pejuang masa penjajahan Belanda/Jepang.
  • Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan.
  • Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan .
  • Menentukan peranan tokoh sejarah setelah kemerdekaan.
  • Menentukan sikap pahlawan yang perlu diteladani oleh bangsa  Indonesia.

E. WILAYAH DUNIA DAN GLOBALISASI
10.  Kenampakan alam  
  •      Menentukan gejala alam utama di negara tetangga.
  •      Menentukan gejala alam di Benua Asia.
  •      Menunjukkan karakteristik Australia. 
  •      Menentukan gejala alam di Benua Amerika, Benua Afrika.
  •     Menentukan gejala alam di Benua Eropa.
  •     Menjelaskan cara menghadapi bencana alam.
  •     Menjelaskan penyebab terjadinya bencana alam di daerah tertentu.

11.  Kehidupan sosial, ekonomi, budaya
  •    Mengidentifikasi kehidupan sosial budaya negara tetangga.
  •    Mengidentifikasi sumber daya alam di negara tetangga (disajikan peta).

12.  Globalisasi  
  •    Menunjukkan peranan Indonesia pada era globalisasi pada bidang tertentu.
  •    Menentukan dampak positif atau negatif globalisasi.
  •    Menentukan sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi dampak globalisasi.

13.  Manfaat eksporimpor
  •    Mengidentifikasi komoditi ekspor atau impor Indonesia.
  •    Menentukan keuntungan atau kerugian barang ekspor atau impor.
  •    Menjelaskan manfaat ekspor atau impor barang.


Demikian informasi mengenai kisi-kisi US 2016 untuk SD/M, Paket A dan cara downloadnya. Semoga bermanfaat.