Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015


Judul : Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015
link : Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015


Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015

Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015 -Langkah Dirjen GTK dalam melakukan pemetaan kompetensi guru se Indonesia tampaknya menarik perhatian yang besar bagi insan pendidik. Pelaksanaan UKG sendiri akan diujikan pada November 2015, atau bulan depan. Berbagai persiapan menghadapi UKG ini terus dilakukan oleh calon peserta UKG. Langkah pertama untuk memprediksi soal yang akan diujikan, maka sebiaknya melihatnya pada kisi-kisi UKG 2015 ini.
Dibawah ini kami bagikan kisi-kisi soal penjaskes dan matematika pada UKG 2015 November nanti.
Kisi-kisi soal Penjaskes pada UKG 2015.
Apakah anda seorang guru penjaskes? Jika iya, maka tidak ada salahnya melihat kisi-kisi soal penjaskes pada UKG  2015 nanti.
Dalam kisi-kisi ini, dibagi menjadi 2 kompetensi utama, yaitu Pedagogik 40 indikator dan Profesional 60 indikator, dan dari semua itu terdiri dari 60 indikator esensial pada mata pelajaran Penjaskes.
berikut ini  kisi-kisi dan indikator penjaskes UKG 2015
Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015
Kompetensi Pedagogik
  1. Memanfaatkan potensi kognitif yang dimi liki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran 
  2. Menganalisis karakteristik peserta didik dengan berbagai potensi pembelajaran PJOK
  3. Menganalisis bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  4. Mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK
  5. Mengidentifikasi potensi kognitif peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  6. Mengidentifikasi potensi psikomotorik peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  7. Memilih teori belajar dalam PJOK yg sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
  8. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran PJOK
  9. Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam PJOK yg sesuai dg tujuan pembelajaran
  10. Menganalisi s prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
  11. Menerapkan prinsip-prissip perumusan tujuan pembelajaran
  12. Menyusun langkah-langkah pembelajaran sebagai pemberian pengalaman belajar yang berarti bagi peserta didik
  13. Menganalisis materi pembelajaran PJOK yang sesuai dengan bekal ajar, dan tujuan pembelajaran PJOK
  14. Mengorganisir materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik
  15. Menyusun instrument pembelajaran dengan prinsip yang benar
  16. Menerapkan konsep dasar penyusunan RPP; pengertian, komponen, prinsip,dan langkah penyusunan
  17. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
  18. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan
  19. Melaksanakan langkah dan prosedur pelaksanaan pembelajaran setiap lingkup pembelajaran PJOK secara scientific 
  20. Mengidentifikasi berbagai jenis media dan sumber pembelajaran
  21. Menentukan alternative langkah pembelajaran sesuai dengan situasi
  22. Memanfaatkan perangkat TIK dalam pembelajaran
  23. Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dapat digunakan sebagai wahana pengembangan potensi belajar peserta didik
  24. Menyusun program pengembangan potensi aktualisasi diri peserta didik
  25. Menerapkan berbagai cara berkomunikasi yang efektif
  26. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan,dan/atau bentuk lain
  27. Menentukan prinsip penilaian yang sesuai dengan standar penilaian
  28. Menetapkan aspek yang akan dinilai selama proses dan akhir pembelajaran
  29. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
  30. Mengembangkan instrument penilaian dengan berbagai jenis, bentuk, dan teknik dalam pembelajaran PJOK
  31. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
  32. Menerapkan prinsip analisis hasil penilaian
  33. Memaknai hasil penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  34. Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar
  35. Merancang tindak lanjut pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi
  36. Mengidentifikasi pemangku kepentingan dalam pelaporan penilaian
  37. Menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran
  38. Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil
  39. refleksi pembelajaran sehingga mampu menjadi pembelajar yang tangguh
  40. Mendeskripsikan cara melakukan refleksi hasil pembelajaran
  41. Menerapkan prinsip penelitian tindakan kelas dengan benar


Kompetensi Profesional
Mendeskripsikan pengertian pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan
pendidikan kesehatan
Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan
olahraga dan pendidikan kesehatan
Mengaplikasikan perspektif sejarah pendidikan jasmani dalam pengembangan
sikap peserta didik
Mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu urai tubuh untuk pengembangan
sikap peserta didik
Menerapkan prinsip gerak pada pembelajaran keterampilan dalam
pembelajaran PJOK
Menerapkan prinsip kerja alat gerak tubuh dalam melakukan pembelajaran
PJOK
Mengidentifikasi berbagai gejala kejiwaan peserta didik
Menganalisis konsep psikologi
Menganalisis gejala psikologis peserta didik dan tindakannya
Mengidentifikasi berbagai gejala sosial peserta didik
Mendeskripsikan konsep sosiologi
Menganalisis gejala sosiologis peserta didik dan tindakannya
Menerapkan prinsip sosiologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap
gejala gangguan sosial peserta didik (dinamika sosial; etika dan perilaku moral,
dan budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin)
Menerapkan prinsip perkembangan gerak dalam melakukan pembelajaran
PJOK
Menganalisis tahap-tahap perkembangan gerak
Menerapkan prinsip perkembangan gerak dalam melakukan pembelajaran
PJOK
Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan ideal peserta didik
Mengidentifikasi konsep belajar gerak peserta didi
Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan dalam pembelajaran 
PJOK
Menerapkan prinsip belajar gerak, dalam melakukan pembelajaran PJOK
Menerapkan tahap-tahap belajar gerak dalam pembelajaran
Menganalisis kompetensi inti mata pelajaran PJOK
Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran PJOK
Menganalisis kompetensi dasar PJOK.
Memetakan kompetensi dasar penjas berdasar lingkup, ranah, dan gradasinya
Menganalisis prinsip perumusan tujuan pembelajaran
Mengidentifikasi ranah pembelajaran
Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
Merumuskan tujuan pembelajaran.
Menganalisis karakter peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya
Menjelaskan karakter setiap materi pembelajaran dan kesesuaiannya dengan
kompetensi yang akan dicapai
Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
Mengidentifikasi aktivitas dalam pengembangan pola gerak dasar
Menganalisis materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan
olahraga bola besar
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga
bola besar
Menganalisis materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan
olahraga bola kecil
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas atletik
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas bela dir
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan
kebugaran jasmani
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas senam
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik)
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas air
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup pertolongan pertama pada
kegawatdaruratan
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup pengembangan budaya hidup
sehat
Menerapkan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran
Memodifikasi materi pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didik
Menganalisis kompetensi profesi yang harus dimi liki guru
Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment)
Mengidentifikasi manfaat penilian mandiri (self assessment) sebagai cara 
merefleksi diri
Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri
Menganalisis konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas; prinsip, jenis,
karakteristik, dan kriteria
Mengidentifikasi tahap dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas
Membuat judul Penelitian Tindakan Kelas
Menganalisis aneka sumber belajar untuk peningkatan keprofesionalan 
berkelanjutan
Menjelaskan berbagai informasi terkini sesuai dengan bidang profesinya
Memanfaatkan perangkat TIK dalam pengembangan pembelajaran
Mengunakan perangkat TIK untuk melakukan penulisan dan pengembangan 
diri
Menggunakan perangkat TIK sebagai sumber referensi penulisan

Demikian artikel tentang Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015. Selamat mempersiapkan diri.